Bhabinkamtibmas Desa Semarum Melakukan Problem Solving Kecelakaan Lalulintas

Polres Trenggalek – Sebuah permasalahan tidak semua harus diselesaikan melalui jalur hukum, namun jika bisa diselesaikan dengan cara musyawarah mufakat kenapa tidak. Dalam istilah Kepolisian juga ada cara seperti itu yaitu ADR (Alternatif Dispute Resolution), namun ADR tersebut harus memenuhi asas Manfaat, keadilan, dan kepastian hukum.

Dalam fungsi Binmas juga ada istilah Problem Solving (penyelesaian masalah diluar jalur hokum) yang diemban dan dikedepan oleh Bhabinkamtibmas yang berada di Desa – Desa binaanya.

Hal tersebut juga yang telah dilakukan oleh Brigadir Hendry CW Bhabinkamtibmas Desa Semarum yang menjadi mediator dalam penyelesaian masalah kecelakaan lalu lintas antara sepeda motor Mio AG 3623 ZR yang dikemudikan oleh AFP, 32 tahun warga Desa Semarum (meninggal dunia) dengan kendaraan mobil elf AG 7377 S yang dikemudikan oleh KA, 41 tahun, warga Ds. Petok Kec. Mojo Kab. Kediri.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir dari kedua belah pihak beserta keluarga, serta Kepala Desa dan perangkat Desa. Dan dari hasil musyawarah tersebut didapati kesepakatan bahwa masing – masing pihak bisa menerima atas kejadian kecelakaan tersebut mengingat kejadian tersebut tidak ada unsur kesengajaan, selain itu juga disepakati bahwa dari kedua belah pihak tidak akan menuntut secara perdata maupun pidana, dan selanjutnya dituangkan dalam sebuah surat pernyataan dengan ditanda tangani dari masing – masing pihak dan diketahui oleh Kepala Desa.

“kita akan membantu semua permasalahan yang ada di Desa, guna mencegah terjadinya permasalahan yang lebih besar” ujar Brigadir Hendry CW

Baca Artikel ini melalui Gadget Anda, silahkan scan QRCode berikut ini:

Related Search

author
No Response

Leave a reply "Bhabinkamtibmas Desa Semarum Melakukan Problem Solving Kecelakaan Lalulintas"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.