Bentuk Perut Ibu Hamil Bisa Memprediksi Jenis Kelamin Bayi?

DokterSehat.Com– Ada sebuah mitos yang dipercaya oleh masyarakat dimana bentuk perut ibu hamil bisa menandakan jenis kelamin bayi. Biasanya, perut ibu hamil yang terlihat membuncit ke arah depan atau atas menandakan bahwa jenis kelamin bayi adalah laki-laki, sementara itu, perut ibu hamil yang terlihat melebar atau membuncit ke arah bawah menandakan bahwa jabang bayi berjenis kelamin perempuan. Sebenarnya, apakah mitos ini sesuai dengan fakta medis?

doktersehat-kehamilan-hamil

doktersehat-kehamilan-hamil

Pakar kesehatan ternyata menyebut hal tersebut sebagai mitos belaka. Hal ini disebabkan oleh bentuk perut ibu hamil yang ternyata lebih dipengaruhi oleh tonus otot perut serta posisi janin di dalam rahim, bukannya jenis kelamin janin tersebut. Selain itu, bentuk tubuh ibu dan bertambahnya berat badan ibu hamil juga mempengaruhi rupa perutnya.

Alih-alih menebak dari bentuk perut ibu hamil, kita sebenarnya bisa menebak jenis kelamin janin di dalam kandungan dengan akurasi yang jauh lebih baik dengan melakukan tes ultrasonografi (USG). Sejak usia kehamilan 18 atau 20 minggu, kita biasanya sudah bisa mengetahui jenis kelamin dan posisi janin sehingga mengetahui apakah sang kandungan dalam kondisi baik atau tidak.

Tes lain yang bisa dilakukan untuk menebak jenis kelamin janin di dalam kandungan adalah amniosentesis serta sampling vilus korialis. Hanya saja, jenis pemeriksaan ini ditujukan untuk mendeteksi apakah janin mengalami kelainan genetik dan kromosom atau tidak. Selain itu, kita juga bisa melakukan tes DNA janin melalui darah ibu. Hanya saja, tes-tes yang disebut terakhir ini cenderung menghabiskan biaya yang cukup mahal dan hanya dapat dilakukan di laboratorium khusus yang belum tentu bisa kita temukan di berbagai tempat.

Untungnya, asalkan kita rutin melakukan pemeriksaan kandungan pada dokter atau klinik kehamilan, kita biasanya sudah mendapatkan akses untuk melakukan tes ultrasonografi sehingga tanpa perlu meminta sudah bisa mengetahui jenis kelamin sang jabang bayi sebelum dilahirkan.

Source: http://doktersehat.com/bentuk-perut-ibu-hamil-bisa-memprediksi-jenis-kelamin-bayi/

Baca Artikel ini melalui Gadget Anda, silahkan scan QRCode berikut ini:

Related Search

author
No Response

Leave a reply "Bentuk Perut Ibu Hamil Bisa Memprediksi Jenis Kelamin Bayi?"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.