Benarkah Vape Menyebabkan Kanker Paru?

IDNEWS.CO.ID – Vape tenar di golongan milenial. Banyak yang bilang rokok elektrik ini dapat sebabkan kanker paru. Juga ada yang bilang Vape amat aman digunakan. Bagaimana realitas sebenarnya?

Yang belum tahu, belum miliki bayangan apakah yang dimaksud Vape, ini deskripsi singkatnya. Vape yakni rokok elektrik. Tenaga yang digunakan baterei. Supaya dapat disedot, vape harus diteteskan cairan memiliki bahan kimia berisi gliserin yang digabung dengan nikotin dan zat perisa (essence). Cairannya banyak ragam pilihan rasanya. Ada buah-buahan, kue atau mentol.

Nikotin yang terdapat dalam cairan vape bukan didapatkan proses dari pembakaran tembakau. Asal nikotinnya proses dari ekstraksi secara kimiawi.

Selanjutnya apa aman buat kesehatan?

Kalau rokok konvensional bisa di buktikan berubah menjadi pembawa utama kanker paru, hal ini ternyata tidak berlaku dengan vape. Belumlah banyak kajian yang dapat membuktikan dampak penyakit yang dapat diakibatkan vape.

Walau demikian, beberapa kajian molekuler yang dilakukan pada hewan uji-coba mendapatkan hasil kalau penggunaan vape bisa mengubah beberapa sel normal di paru berubah menjadi sel ganas. Sel ganas itu yang menyebabkan kanker paru jenis adenokarsinoma. (ria)

The post Benarkah Vape Menyebabkan Kanker Paru? appeared first on IDNews.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.