Benarkah Penggunaan Ponsel Dapat Membahayakan Janin?

DokterSehat.Com– Penggunaan telepon seluler (ponsel) saat ini sudah menjadi kebutuhan bagi banyak orang. Berbagai kecanggihan teknologi yang ditawarkan melalui ponsel membuat sebagian besar orang tidak bisa lepas dari ponsel. Namun Anda perlu waspada karena ponsel memiliki efek samping bagi kesehatan, salah satunya pada janin Anda.

doktersehat-telepon-emergensi

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Laura Birks dari Barcelona Institue fo Global Health, Spanyol menyebutkan bahwa penggunaan ponsel saat hamil memiliki risiko gangguan pada perilaku dan emosional anak. Anak yang lahir dari ibu yang sering menelepon berpeluang 28% menjadi anak yang hiperaktif.

Penelitian tersebut menguatkan penelitian lain yang dilakukan oleh Yale School of Medicine menyebutkan bahwa penggunaan ponsel pada wanita hamil memiliki dampak buruk bagi kesehatan janin dalam kandungan. Penelitian tersebut menggunakan tikus sebagai eksperimen dan hasilnya tikus yang terpapar radiasi ponsel mengalami gangguan perilaku yang menyerupai ADHD.

Selain itu penelitian lain menyebutkan bahwa penggunaan ponsel juga dapat memeberi efek terkejut pada janin ketika mendengar suara atau getar dari ponsel. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Dr. Boris Petrikovsky, Profesor Obstetri dan Ginekologi dari Wyckoff Heights Medical Center, New York, menemukan bahwa janin dapat merespon tekejut dengan melakukan gerakan seperti menengok, membuka mulut, atau berkedip saat mendengar suara atau merasakan getaran dari ponsel. Hal ini dapat mengganggu siklus tidur normal dari janin.

Sedangkan hasil penelitian berbeda disampaikan oleh U.S Food and Drug Administration (FDA) yang menyebutkan bahwa catatan penelitian yang melaporkan perubahan biologis yang terkait gelombang radio gagal direplikasi dan sebagian besar penelitian juga gagal menemukan hubungan antara paparan gelombang radio pada kesehatan manusia.

Meskipun sudah banyak penelitian yang menyebutkan hubungan antara ponsel dan janin, namun para ahli berpendapat bahwa masih dibutuhkan penelitian lanjutan apa dan bagaimana ponsel dapat memengaruhi janin dan kesehatan manusia pada umumnya. Namun beberapa peneliti dan ahli kesehatan menyarankan agar ibu hamil mengurangi penggunaan ponselnya demi kesehatan dan perkembangan janinnya.

Source: http://doktersehat.com/benarkah-penggunaan-ponsel-dapat-membahayakan-janin/

Baca Artikel ini melalui Gadget Anda, silahkan scan QRCode berikut ini:

Related Search

author
No Response

Leave a reply "Benarkah Penggunaan Ponsel Dapat Membahayakan Janin?"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.