Benarkah Mencukur Rambut Bayi Membuatnya Tumbuh Lebih Tebal?

DokterSehat.Com– Salah satu tradisi yang masih dijalankan turun temurun di Indonesia adalah mencukur rambut bayi. Umumnya tradisi mencukur rambut bayi ini dilakukan setelah bayi melewati usia 40 hari. Banyak orang tua beranggapan bahwa dengan mencukur rambut bayi, maka rambut bayi akan tumbuh lebih tebal. Benarkah demikian?

doktersehat-nutrisi-gizi-bayi-balita

Faktanya, hingga saat ini belum ada bukti ilmiah yang dapat mendukung anggapan tersebut. Namun bukan berarti mencukur rambut bayi tidak memiliki manfaat sama sekali. Dilansir dari babycenter, pakar kesehatan kulit anak Michael Smith menyebutkan bahwa mencukur rambut sangat bermanfaat bagi kesehatan bayi. “Mencukur rambut bayi baik untuk membersihkan kepala bayi dari lemak dan kotoran yang menempel dan ini akan menghindari bayi dari kemungkinan munculnya penyakit akibat rambut bayi tidak bersih,” jelas Smith.

Satu hal yang perlu diketahui oleh orang tua, rambut bayi akan rontok secara alami selama 4-6 bulan pertama. Rambut baru yang tumbuh ini akan tumbuh lebih panjang, tebal dan bisa saja berbeda dengan warna rambutnya saat lahir.

Sedangkan untuk membuat rambut bayi tumbuh tebal, sebenarnya tidak tergantung proses pencukuran rambut bayi. Jenis rambut yang dimiliki bayi tergantung dari faktor genetik, etnis, dan hormon. Jika orang tua bayi memiliki rambut yang tebal, maka kemungkinan ia akan memiliki rambut tebal, begitu juga sebaliknya.

Untuk membantu pertumbuhan rambut bayi, Anda bisa makan dengan pola makan yang sehat agar menghasilkan ASI yang baik. ASI yang diberikan pada bayi ikut memengaruhi pertumbuhan dan kesehatan bayi termasuk rambut. Selain ASI, Anda juga bisa memberikan tambahan vitamin dan mineral yang tidak hanya bermanfaat bagi rambut namun juga tumbuh kembangnya secara keseluruhan.

Cara lain yang dapat dilakukan untuk merangsang pertumbuhan bayi adalah dengan melakikan pijat kepala bayi. Pijat kepalanya dengan lembut menggunakan minyak zaitun, minyak jarak atau baby oil untuk merangsang sirkulasi darah di kulit kepala bayi dan memberi nutrisi pada akar rambut. Jangan lupa untuk merawat rambut dengan sering keramas dengan sampo yang lembut dan hindari aksesoris berlebihan untuk mencegah rambut rontok.

Source: http://doktersehat.com/benarkah-mencukur-rambut-bayi-membuatnya-tumbuh-lebih-tebal/

Baca Artikel ini melalui Gadget Anda, silahkan scan QRCode berikut ini:

Related Search

author
No Response

Leave a reply "Benarkah Mencukur Rambut Bayi Membuatnya Tumbuh Lebih Tebal?"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.