Begini Cara Mudah agar Anak Paham Manfaat Investasi

IDNews.co.id – Pelajaran masalah keuangan butuh diberi pada anak. Hal itu dapat dimulai saat anak masih berumur awal. Semakin anak dapat mengatur keuangan lebih cepat, makin ia dapat mandiri dengan finansial. Salah satu pelajaran yang dapat Anda tambahkan yaitu investasi.

Beberapa orangtua berasumsi anaknya masih kecil untuk tahu tentang investasi. Anda salah jika berpikir sesuai sama itu. Malah Anda mesti mengajarkan investasi pada anak sejak awal.

Memanglah bukan hal yang mudah. Tetapi, jika Anda sukses, kemanfaatannya akan merasa untuk anak dan Anda. Tersebut ini yaitu cara buat anak memahami investasi, seperti dilansir dari Cermati. com :

1. Bicarakan dengan bahasa yang enteng dimengerti

Judul investasi memang satu judul yang cukup berat. Karenanya, bicarakan judul ini dengan bahasa yang anak Anda mengeri. Buat mereka tertarik. Jangan dahulu terangkan resiko dan keuntungan dari setiap instrumen investasi.

Anda dapat mulai dengan menjelaskan kalau investasi yaitu satu cara untuk hasilkan uang dengan sejumlah uang. Walau terlihat sederhana, keterangan itu sudah dapat menarik perhatian mereka.

2. Menjelaskan berbentuk cerita

Anak-anak suka dengan narasi dan mereka pastinya akan menyimaknya dengan ketertarikan. Jadi, Anda dapat juga menjelaskan tentang investasi dengan narasi. Beritahukanlah pengalaman pribadi Anda, kenapa berinvestasi.

Beritahukanlah juga keinginan Anda di masa depan dengan berinvestasi. Terangkan waktu dulu Anda dan pelajaran bernilai darinya yang buat Anda ambil langkah investasi sekarang ini.

3. Terangkan sesuai cara anak belajar

Banyak cara belajar yang anak Anda praktikan. Belajar dapat menggunakan pandangan (visual), pendengaran (listening), maupun menulis (writing). Cari info bagaimana anak belajar, hingga Anda mampu menyesuaikannya.

Jika seorang anak lebih suka mendengar narasi, ia pastinya akan jemu, jika Anda tunjukkan gambar-gambar tentang investasi. Karenanya, gunakanlah cara tidak serupa, umpamanya tunjukkan video, narasi, atau penerapan smartphone.

4. Bangkitkan rasa menginginkan cari info mereka

Beri tahu mereka bagaimana cara mengecek saham. Semakin lebih baik, bila Anda memiliki saham di perusahaan, atau brand yang anak Anda senangi. Umpamanya, produk buatan Apple atau Boeing bila mereka suka dengan pesawat.

Lalu, tanyakanlah pada mereka, perusahaan apakah yang mereka senangi? Biarlah mereka leluasa menjawab dengan imajinasinya.

5. Kemas keterangan berbentuk games

Sekarang ini, belajar investasi untuk anak Sekolah Basic dapat melalui penerapan permainan. Sebagai orangtua, Anda mampu mencermati gerakan saham dan memberikan anjuran dan alasan pada anak melalui permainan atau games itu.

Buat quality time bersama anak dengan belajar investasi melalui permainan online. Terangkan juga perihal hukum investasi kepadanya.

6. Berikan cara investasi melipatgandakan kekayaan

Ajarkan pada anak Anda kalau saat begitu memastikan perubahan satu investasi dan keuntungan yang dibuat. Beri tahu mereka tentang pelajaran di dunia riil tentang bagaimana kekayaan berlipatganda karena investasi.

7. Menyisihkan hasil investasi untuk kebutuhan sosial

Saat berikan pelajaran investasi pada anak, Anda harus juga mengajarkan utamanya beramal. Melalui hal itu, mereka akan tahu kalau demikian beberapa orang yang memerlukan uang di dunia, hingga mereka tidak menghamburkan uang.

Intinya, mereka akan memahami bagaimana menghormati nilai uang. Tidak selamanya melihat ke atas, namun juga ke bawah kalau masih ada beberapa orang yang tidak seberuntung mereka dan memerlukan uluran tangan. (ndi)

Posting Begini Cara Mudah agar Anak Paham Manfaat Investasi ditampilkan lebih awal di IDNews.co.id.

Baca Artikel ini melalui Gadget Anda, silahkan scan QRCode berikut ini:

Related Search

author
No Response

Leave a reply "Begini Cara Mudah agar Anak Paham Manfaat Investasi"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.