Bayi Sering Kaget, Normalkah?

No comment 33 views

DokterSehat.Com– Bayi yang baru lahir kadang mengalami kaget saat mendengar suara keras atau ada gerakan mendadak yang ia rasakan. Biasanya bayi yang tertidur akan terbangun lalu menangis, atau jika bayi dalam keadaan terjaga, biasanya tangan dan lututnya akan terangkat ke atas lalu kembali ke posisi semula.

doktersehat-bayi-rewel-nangis-sakit-perut-demam-flu

doktersehat-bayi-rewel-nangis-sakit-perut-demam-flu

Melihat bayi yang kaget kadang membuat orang tuanya ikut panik. Namun sebenarnya, hal ini adalah hal yang wajar bagi bayi yang baru lahir. Sentakan badan bayi yang baru lahir saat tidur merupakan salah satu bentuk adaptasi manusia yang disebut refleks moro. Adanya refleks moro berarti si kecil sedang menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya setelah sekian lama berada dalam kandungan ibunya.

Bayi yang kaget juga menandakan bahwa otot refleks dan indra pendengarannya berfungsi dengan baik. Justru jika bayi yang lemah refleksnya atau tidak merespon pada suara atau gerakan yang mengagetkan yang perlu diperiksa lebih lanjut. Tes ini perlu dilakukan untuk mengetahui apakah anak mengalami trauma saat lahir atau ada sebab-sebab lain seperti penyakit tertentu atau pengaruh obat-obatan.

Meskipun tidak berbahaya dan cenderung normal, namun ibu kadang tidak ingin si kecil kaget agar bisa tertidur pulas. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah bayi mudah kaget antara lain bedonglah bayi dengan cukup kuat namun tetap memberinya rasa nyaman dan aman. Sebelumnya, sempatkan untuk menyusui sambil berbaring agar ibu juga punya kesempatan beristirahat.

Salah satu cara yang juga bisa Anda coba adalah dengan membiasakan si kecil dengan suara-suara yang ada di sekeliling rumah. Bisa dimulai perlahan dengan cara saat menimang bayi, Anda menepuk dan bernyanyi lirih untuk menenangkan si kecil.

Source: http://doktersehat.com/bayi-sering-kaget-normalkah/

Baca Artikel ini melalui Gadget Anda, silahkan scan QRCode berikut ini:

Related Search

author
No Response

Leave a reply "Bayi Sering Kaget, Normalkah?"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.