Bayi 5 Bulan Meninggal Dunia Setelah Disunat

IDNEWS.CO.ID –¬†Janganlah dianggap remeh mekanisme sunat sebab risikonya bisa fatal. Perihal ini dialami oleh bayi 5 bulan di Italia yang disunat oleh orang tuanya sendiri di rumah.

Bayi itu dibawa ke rumah sakit kota Bologna karena mengalami gagal jantung pada Jumat (25/3) malam lalu. Dokter berusaha memberikan pertolongan akan tetapi nyawa sang bayi tidak tertolong.

Karena kejadian ini otoritas setempat membuka investigasi pada orangtua sang bayi yang diketahui berasal dari Ghana. Dikutip dari BBC pada Senin (25/3/2019), organisasi nirlaba Amsi menyebutkan setiap tahunnya di Italia bisa 5.000 tindakan sunat akan tetapi lebih dari sepertiganya dilakukan secara ilegal.

Di Italia sunat umumnya dilakukan oleh institusi kesehatan Katolik Roma. Hal ini kemungkinan yang membuat kebanyakan imigran dari negara muslim lebih memilih melakukan sunat sendiri pada anak.

Berkaitan hal tersebut, di Indonesia kecelakaan pada anak-anak yang disunat secara sembarangan juga dilaporkan pernah terjadi pada September 2018 lalu. Waktu itu seorang anak di Kecamatan Doro, Pekalongan, tidak sengaja terpotong penisnya oleh mantri dengan alat pemotong listrik (electric cautery).

Menurut spesialis bedah saraf, dr Mahdian Nur Nasution, SpBS, kepala kelamin yang terpotong menggunakan alat electric cautery sangat kecil kemungkinannya untuk disambung kembali.

“Karena jaringannya mengalami luka bakar,” tutur dr Mahdian pada IDNEWS.CO.ID.

“Paling ya rekonstruksi untuk menyelamatkan saluran kecingnya,” ujarnya.

(ria)

The post Bayi 5 Bulan Meninggal Dunia Setelah Disunat appeared first on IDNews.co.id.

Baca Artikel ini melalui Gadget Anda, silahkan scan QRCode berikut ini:

Related Search

author
No Response

Leave a reply "Bayi 5 Bulan Meninggal Dunia Setelah Disunat"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.