Bawaslu Sudah Siapkan Bukti untuk Sengketa Pileg

IDNEWS.CO.ID – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI menyediakan bukti dari pengawas tempat pengambilan suara (TPS) untuk sidang konflik hasil penentuan umum (PHPU) legislatif. “Kami memiliki pengawas TPS. Ini yang tidak sama dari pemilu sebelumnya 2014, jadi 2019 kami memiliki pengawas TPS. Jadi kami bisa kumpulkan C1 dipunyai pengawas TPS,” kata Anggota Bawaslu RI Fritz Edward Siregar di gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Kamis (11/7/2019).

Bukti dari pengawas TPS disampaikannya bisa digunakan sebagai pembanding bukti simpatisan asas pemohon supaya majelis hakim Mahkamah Konstitusi memandang. Untuk menyampaikan keterangan dalam sidang PHPU, Bawaslu akan menyampaikan saran penindakan atas pelanggaran yang didalilkan. “Dalam hal ini kan Bawaslu yakni memberikan keterangan jadi, semisalnya, ada mengatakan suaranya hilang, semisalnya, Bawaslu mengatakan ini lho suara berdasarkan C1 yang kami punya ini suaranya,” tutur Fritz.

Bawaslu akan menyandingkan pelanggaran administrasi atau saran yang belum dilaksanakan untuk setelah itu sebagai bahan Mahkamah Konstitusi memandang beberapa hasil kerja pengawasan. Untuk permintaan yang disampaikan pemohon menurutnya sampai kini terbanyak tentang perbedaan suara berbentuk pengurangan ingin juga penggelembungan suara sama-sama partai ingin juga antarpartai.

Terkecuali itu, bab kebohongan terbentuk, sistematis dan masif (TSM) yang meminta untuk dilakukan pengambilan suara kembali. Ada juga skedul Mahkamah Konstitusi telah periksa permintaan perselisihan dari Aceh, Jawa Barat, Jawa Timur, Maluku Utara dan Papua pada Selasa (9/7/2019).

Setelah itu Nusa Tenggara Timur, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, DKI Jakarta, Banten, Sulawesi Utara, Lampung, Sulawesi Barat dan Sulawesi Tengah pada Rabu (10/7/2019). Lantas pada Kamis yang diperiksa perselisihan dari Sumatera Utara, Maluku, Sumatera Barat, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, DI Yogyakarta, Papua Barat, Kepulauan Riau dan Kalimantan Timur. (fat)

The post Bawaslu Sudah Siapkan Bukti untuk Sengketa Pileg appeared first on IDNews.co.id.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.