Bawang Putih Ternyata Ampuh Menghilangkan Jerawat, Ini Cara Menggunakannya

IDNEWS.CO.ID – Apa yang Anda gunakan jika ingin mengusir jerawat membandel? Sebagian orang memilih cara menggunakan perawatan dokter ataupun obat-obatan dengan bahan kimia untuk menghilangkannya.

Namun, sebagian lainnya lebih memilih menggunakan bahan-bahan yang alami, seperti halnya dengan menggunakan bawang putih. Apakah ini efektif?

Bawang putih merupakan salah satu bumbu masakan yang sangat umum dan mudah sekali dicari. Maka Anda tak perlu lagi mengeluarkan banyak uang untuk melakukan perawatan di klinik kecantikan, Anda bisa menggunakan bawang putih sebagai obat jerawat yang ampuh.

Seorang dokter kulit sekaligus penulis buku 100 Questions and Answers About Acne, yaitu Doris Day, M.D, beranggapan bahwa hal ini mungkin saja berhasil sebab bawang putih mempunyai kandungan antioksidan dan sifat antiradang.

Pernyataan ini kemudian di dukung oleh seorang ahli gizi di Charlottetown P.E.I, Rachelle Wood, yang mempercayai kalau bawang putih bisa membantu mengobati peradangan karena bahan kimia alaminya, yaitu allicin. Kandungan allicin yang terdapat dalam bawang putih mampu membunuh banyak virus dan bakteri berbahaya dalam tubuh.

Lantas, bagaimana cara menggunakan bawang putih untuk mengobati jerawat?
Jika Anda ingin mencoba mengusir jerawat dengan bawang putih, Anda bisa membuat resepnya dengan cara memotong bawang putih dalam ukuran yang kecil hingga keluar ekstrak cairannya. Setelah itu, Anda dapat mengoleskannya langsung pada area wajah yang berjerawat.

Sementara, jika jerawat yang muncul itu berukuran besar, Anda bisa menggosokkan bawang putih secara langsung pada area yang berjerawat kemudian diamkan semalaman.

Cara lainnya, Anda juga bisa mengonsumsi bawang putih secara langsung atau dengan menghancurkannya kemudian mencampurkannya ke dalam segelas susu.
Tetapi rupanya tidak semua orang bisa memakai bawang putih sebagai obat jerawat. Bagi Anda yang memiliki alergi bawang putih tentunya tidak disarankan menggunakan bahan ini.

Menurut seorang dokter kulit di New York City yaitu Marie Leger, M.D.,Ph.D, berpendapat bahwa mengoleskan bawang putih pada jerawat dapat menyebabkan dermatitis kontak, peradangan kulit akibat iritasi.

Oleh karena itu, jika Anda memiliki kulit sensitif, hindari menggunakan bawang putih. Sebab, dengan mengoleskan bawan putih justru bisa “memanen” jerawat yang lebih banyak, bahwa hingga menyebabkan kulit terasa panas dan perih.

Namun meski begitu perlu Anda ketahui, rasa panas yang dihasilkan hampir serupa dengan kulit yang terbakar. Mengoleskan irisan bawang putih secara langsung pada area wajah yang berjerawat tentu saja bukanlah hal yang tepat.

Selain menimbulkan efek kemerahan yang parah. Jerawat juga bisa melepuh serta terasa nyeri. Selain itu, hal ini juga dapat menimbulkan rasa gaya serta meninggalkan flek hitam yang sulit untuk hilang. Pada sebagian kasus, bawang putih dapat menyebabkan kondisi jerawat semakin meradang.

Jika sudah begini, Anda mesti beralih perawatan dan meninggalkan cara menghilangkan jerawat dengan menggunakan bawang putih. (ria)

The post Bawang Putih Ternyata Ampuh Menghilangkan Jerawat, Ini Cara Menggunakannya appeared first on IDNews.co.id.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Baca Artikel ini melalui Gadget Anda, silahkan scan QRCode berikut ini:

Related Search

author
No Response

Leave a reply "Bawang Putih Ternyata Ampuh Menghilangkan Jerawat, Ini Cara Menggunakannya"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.