Banten Menjadi Jadwal Perdana Kampanye Terbuka Jokowi-Maruf

IDNEWS.CO.ID – Kota Serang, Provinsi Banten dipilih menjadi lokasi pertama kampanye rapat umum atau kampanye terbuka pasangan capres dan cawapres nomor urut 01, Joko Widodo – KH Maruf Amin. Keduanya akan melakukan kampanye pada Minggu esok (24/3/2019).

“Besok kita lakukan kampanya rapat umum di Banten. Tepatnya di Stadion Maulana Yusuf di Ciceri, Serang, Banten,” ujar Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Erick Thohir di Posko Cemara, Jakarta Pusat, Sabtu (23/3/2019).

Kampanye, kata Erick, akan dimulai pukul 16.00 WIB. Namun, rangkaian acara sudah berlangsung sejak pukul 14.00 WIB dengan karnaval dari alun-alun Serang. “Keduanya yaitu Pak Jokowi dan Kiai Maruf Amin akan hadir,” ujarnya.

Usai dari Banten, Jokowi akan melanjutkan kampanye terbuka di Banyuawangi pada tanggal 25 Maret. Disana kampanye akan dilakukan di alun-alun mulai pukul 09.00 WIB hingga 11.30 WIB.

Jokowi kembali melanjutkan kampanye di hari yang sama ke Jember. Bertepat di GOR Jember, Jokowi akan bertemu masyarakat pada pukul 13.30 hingga 15.30 WIB. “Malamnya kita lakukan kampanye tertutup di GOR Ken Arok,” ucapnya.

Tanggal 26 Maret, Jokowi akan melanjutkan kampanyenya di Provinsi Aceh mulai pukul 11.30 hingga pukul 13.30 WIB. Dihari yang sama kampanye dilakukan di dua titik di Riau. Namun, satu lokasi yang baru terkonfirmasi di Pekanbaru.

“Tanggal 27 Maret di Pontianak pukul 09.30 hingga 11.30 WIB lalu ke Kalsel. Tanggal 28 Maret ke Kaltim Balikpapan. Lalu terbang ke Sulbar Mamuju,” katanya.

Untuk tanggal 29 dan 30 Maret, Erick menuturkan kampanye akan dilakukan di daerah yang dekat. Sebab, pada tanggal tersebut, Jokowi akan mempersiapkan debat capres.

“Tanggal 29-30 Maret ada debat, nanti kampanye yang dekat. Jadi kita lihat dulu zonanya,” ucapnya.

Sesuai Undian

Dipilihnya Kota Serang, Banten, sebagai lokasi pertama kampanye rapat umum atau kampanye terbuka Jokowi-Ma’ruf, lantaran dalam undian yang dilakukan KPU beberapa waktu lalu, TKN mendapatkan zona B yang di dalamnya ada Provinsi Banten.

“Memilih di Banten karena hasil undian tanggal 24 Maret 2019 kita mendapatkan zona B dan di dalamnya ada Banten,” ujar Sekretaris TKN Hasto KristiyantoHasto di Posko Cemara.

Menurut Hasto, memulai kampanye rapat umum di Provinsi Banten adalah momentum yang tepat bagi Jokowi-Ma’ruf untuk menaikkan elektabilitas. Apalagi, Ma’ruf sudah menjadi ikon di Banten karena provinsi tersebut yang menjadi tempat kelahirannya.

Selain itu, lanjut Hasto, Banten dipilih karena jumlah penduduknya padat. Untuk itu, besok pagi, Jokowi dan Maruf akan hadir bersama seluruh representasi partai koalisi Indonesia Kerja untuk memulai kampanye rapat umum.

“Pak Jokowi dan Ma’ruf dan seluruh partai koalisi indonesia kerja besok pagi akan mengadakan kampanye di Banten, tepatnya dimulai di jalan Ciceri, Serang,” ucapnya.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah melakukan pengundian zonasi kampanye untuk rapat umum peserta Pemilu 2019.

Pengundian dilakukan pada Rabu, 6 Maret 2019 di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat. Ada dua zonasi yang dibagi KPU, yaitu zonasi A dan B.

Bola undian diambil secara serentak oleh perwakilan Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan BPN Prabowo-Sandiaga Uno. Hasilnya, tim Jokowi-Ma’ruf mendapat bola B. Sedangkan, tim Prabowo-Sandiaga mendapat bola A.

Artinya, pasangan capres cawapres Jokowi-Ma’ruf akan memulai kampanye rapat umum per 24 Maret di wilayah B, sementara pasangan Prabowo-Sandiaga memulai kampanye di wilayah A.

Mereka akan bertukar zonasi setiap dua hari sekali. Aturan ini adalah hasil revisi dari kesepakatan awal yang menyatakan pertukaran zonasi dilakukan setiap tiga hari sekali. (ndi)

The post Banten Menjadi Jadwal Perdana Kampanye Terbuka Jokowi-Maruf appeared first on IDNews.co.id.

Baca Artikel ini melalui Gadget Anda, silahkan scan QRCode berikut ini:

Related Search

author
No Response

Leave a reply "Banten Menjadi Jadwal Perdana Kampanye Terbuka Jokowi-Maruf"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.