Bahaya Anak Menangis Sebelum Tidur, Jangan Biarkan!

DokterSehat.Com– Beberapa orang tua kerap membiarkan anaknya menangis sebelum tidur karena dianggap wajar. Parahnya, beberapa dari mereka menganggap kalau anak rewel akan diam sendiri kalau sudah capek. Padahal, menangisnya bayi sebelum tidur bisa saja karena banyak hal dan dampaknya cukup besar.

doktersehat-organ-genital-gatal-penyakit-anak-menangis

Alasan Anak Menangis Sebelum Tidur
Anak tidak mungkin rewel dengan menangis tanpa sebab. Mereka biasanya menangis karena merasa tidak nyaman dengan tubuhnya. Beberapa hal yang menyebabkan anak menangis adalah lelah, bosan, rasa lapar, gatal, udara kamar yang kotor, atau rasa sakit di beberapa titik tubuhnya.

Saat anak menangis, lihat dan periksa tubuhnya. Cari keanehan atau coba beri susu. Kalau anak lapar pasti akan menerima susu dan segera diam.

Dampak Membiarkan Anak Menangis
Anak yang terus menangis saat malam hari sebelum tidur bisa mengalami kejang. Kalau orang tua tidak segera menolongnya, hal-hal buruk bisa saja terjadi pada anak. Jadi, saat anak mulai menangis segera respons dengan menanyai mereka atau menggendongnya agar tenang.

Anak yang sering dibiarkan saat menangis juga akan merasa sendiri dan diabaikan oleh orang di sekitarnya. Saat tumbuh besar mereka akan susah berinteraksi dengan orang lain. Rasa percayanya pada orang lain akan menurun karena sering diabaikan.

Cara Menenangkan Anak yang Menangis
Jangan biarkan anak yang sudah menangis selama 10 menit. Saat anak tidak juga berhenti rewel, segera gendong dan tenangkan. Kalau cara ini tidak juga berhasil, coba periksa tubuhnya apakah ada yang bentol, memar, atau terluka.

Jika badan anak gatal atau berkeringat, coba ganti bajunya dan bersihkan tubuh dengan sapu tangan. Selanjutnya kalau ada luka, coba segera obati agar tidak terjadi infeksi.
Setelah anak mulai tenang, tunggu selama beberapa saat hingga dia tidur. Saat dia kembali bangun dan menangis, coba tenangkan lagi hingga mereka kembali terlelap.

Source: http://doktersehat.com/bahaya-anak-menangis-sebelum-tidur-jangan-biarkan/

Baca Artikel ini melalui Gadget Anda, silahkan scan QRCode berikut ini:

Related Search

author
No Response

Leave a reply "Bahaya Anak Menangis Sebelum Tidur, Jangan Biarkan!"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.