Azwar Anas Mundur, Mahfud Nilai Bisa Muncul Poros Ketiga

IDNews.co.id – Tokoh Nahdlatul Ulama (NU) Mahfud MD menilainya mundurnya Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dari akan calon wagub peluang akan memperlihatkan poros koalisi ketiga. Ia tekankan hal ini karena Gerindra, PKS, dan PAN belum memiliki calon.

Namun, jika ada poros ketiga ini jadi mesti diikuti dengan profil yang kuat diusung.

“Tapi yang butuh diingat kemunculan calon alternatif ke tiga ini saya melihat akan begitu untungkan untuk partai pengusungnya. Sebab mereka memerlukan sosok sebagai bukti ke orang-orang mereka miliki kemampuan politik, ” kata Mahfud MD di Yogyakarta, Jumat, 5 Januari 2018.

Menurut dia, bila benar ada poros tiga dan profil yang diusung buat kejutan dengan menjadi pemenang Pilgub Jatim jadi akan untungkan. Tapi, demikian sebaliknya jika kalah jadi tokoh yang dicalonkan akan memikul kerugian. Tidak dengan partai poros tiga yang menurut dia tiada masalah bila kalah.

Mahfud mengatakan sebelumnya kemunculan kedua poros koalisi pendukung Saifullah Yusuf alias Gus Ipul dan Khofifah Indar Parawansa, dirinya sempat mendapatkan tawaran ke Pilgub Jatim. Tawaran ini ditawarkan dari PAN, Gerindra, dan PKS.

“Saya tidak berikan alasan. Prinsip hidup saat saya tidak ingin, yang saya akan tidak melakukan, ” tutur Guru Besar Kampus Islam Indonesia (UII) itu.

Meski demikian, Mahfud menilainya tidak membutuhkan poros ketiga dalam Pilgub Jatim. Hal ini karena dua poros yang ada saat ini dinilai sudah kuat dan mewakili orang-orang Jatim.

“Dua poros ini keduanya sama mewakili wilayah Jawa Timur yang memiliki ciri berlainan. Di Pandulangan, sisi timur, nama poros Gus Ipul-Anas atau Khofifah keduanya sama kuat, ” katanya.

Untuk peta politik, ia mengatakan wilayah Mataraman, sisi barat Jawa Timur pasangan Gus Ipul-Anas masih belum memiliki dampak. Kesempatan berikut yang menurut Mahfud diperlukan Khofifah dengan menggandeng Emil Dardak.(ndi)

Posting Azwar Anas Mundur, Mahfud Nilai Bisa Muncul Poros Ketiga ditampilkan lebih awal di IDNews.co.id.

Baca Artikel ini melalui Gadget Anda, silahkan scan QRCode berikut ini:

Related Search

author
No Response

Leave a reply "Azwar Anas Mundur, Mahfud Nilai Bisa Muncul Poros Ketiga"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.