Anies Periksa Tanah Retak di Kebon Manggis

IDNews.co.id – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meninjau tempat tanah yang retak yang bersebelahan segera dengan Sungai Ciliwung di Jalan Kesatriaan X RW 03 Kebon Manggis, Matraman, Jakarta Timur.

Saat ada di tempat, Anies meyakinkan kalau perlakuan dengan menempatkan batu brojong di selama pinggir jalan yang retak segera dilakukan.

” Kita siapkan alur pengamanan. Dengan batu bronjong, pendekatan alami makanya yang dapat tumbuh disitu lain dengan gunakan beton. Bila beton, biota air ngga ada yang dapat hidup di situ, ” kata Anies saat meninjau tempat, Jumat (16/2/2018).

Ia menaikkankan, batu bronjong dari bagian kapabilitas juga lebih kuat. Lalu dari bagian biaya murah, dan dari bagian lingkungan hidup lebih ramah. Sebab, batu bronjong yang sama-sama mengikat memiliki rongga. Sehingga biota air dapat tumbuh ditempat itu.

” Yang perlu di pastikan kendaraan yang dilalui, bebannya terarah, jangan terlampau berat ada di wilayah tebing yang curam karena jadi masalah. Anda tengok wilayah seberang. Ada rumah ngga ada jalan, longsor. Ini daerah bukanlah tanah padat dan kuat, tapi tanah yang mudah berganti, ” kata Anies.

Terkait hal ini, Anggota Lembaga Musyawarah Kelurahan Kebon Manggis, Rudi Hartono mengatakan, keretakan tanah sudah terjadi sejak minggu malam. Awalnya tak demikian besar, tapi lama kelamaan jadi buat jalan amblas.

” Pertama sedikit (retak). Diakalin. Ternyata tambah-tambah sekali lagi. Senin blek (retak). Malam jadi parah. Hingga selama ini pasnya Rabu malam, bruk semuanya, ” kata Rudi.

Menurutnya, keretakan jalan ini karena sebelumnya ada pengurukan endapan dan sampah di kanan kiri sungai. Cuma saja pengerukan dianggap tak menyimak pondasi. Mengakibatkan keretakan jalan mencapai 100 meter.

” Harusnya (sampah) ditarik disana. Rata-rata berat disini semuanya truk pengangkut sampah. Bebannya tinggi. Dari wakil gubernur katakan ada patahan lempengan, ingin turunkan tim dari ITB tapi hingga sekarang ini belun ada, ” kata Rudi.

Ia menaikkankan, saat terjadi keretakan ia segera mengadu ke kelurahan. Kelurahan juga bersurat ke kecamatan dan dilanjutkan ke Balai besar Sungai Ciliwung Cisadane.

” Segera disikapi. Datang bronjong untuk menahan jangan pernah roboh sekali lagi. Kita sama-sama kerja sama. Tim dari PPSU, SDA, Balai besar Sungai Ciliwung Cisadane, kemenpur, Ada 70 orang. Itu semuanya dikerahkan. Dan warga sudah antisipasi dapur umum. Itu sebulan pelaksanaan. Warga sich mintanya disitpel kaya di Kampung Pulo, ” kata Rudi. (ndi)

Posting Anies Periksa Tanah Retak di Kebon Manggis ditampilkan lebih awal di IDNews.co.id.

Baca Artikel ini melalui Gadget Anda, silahkan scan QRCode berikut ini:

Related Search

author
No Response

Leave a reply "Anies Periksa Tanah Retak di Kebon Manggis"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.