Anak Susah Tidur Siang? Coba Trik Ini

No comment 14 views

DokterSehat.Com– Anak-anak membutuhkan waktu tidur siang lebih lama dari orang dewasa. Dalam sehari, anak membutuhkan waktu tidur selama 10-18 per hari. Bagi anak, tidur sama pentingnya dengan kegiatan lain seperti makan, minum, dan bermain. Selain tidur malam yang cukup, anak juga perlu tidur siang untuk perkembangan fisik dan mentalnya serta menjaga kesegarannya. Namun seringkali orang tua kesulitan untuk mengatur pola tidur siang anak.

bayi-tidur-doktersehat

Pada bayi baru lahir, ia bisa menghabiskan sepanjang hari hanya untuk tidur. Ia mungkin hanya bangun selama 1 hingga 3 jam untuk menyusu, setelah itu sisanya akan digunakan untuk tidur. Pada usia ini Anda masih belum bisa menentukan pola tidurnya, maka biarkan ia tidur sesuai keinginannya.

Pada usia 3-4 bulan, bayi sudah bisa memiliki pola tidur siang yang tetap. Umumnya bayi akan tidur siang sebanyak 2-3 kali dengan durasi 30 menit hingga 2 jam. Sedangkan pada usia 6 bulan ke atas hingga usia 1 tahun bayi umumnya tidur siang 2 kali sehari.

Untuk melatih bayi agar memiliki jadwal tidur siang yang teratur, Anda bisa melakukan cara berikut ini:

Tidur di jam yang sama
Salah satu kunci untuk membiasakan anak Anda tidur siang adalah dengan disiplin mengatur jadwal tidurnya. Ajak anak Anda tidur di jam yang sama setiap harinya. Hindari mengajak anak beraktivitas pada jam tidur siang yang sudah Anda tentukan.

Amati tanda anak mengantuk
Beberapa tanda bahwa anak mengantuk antara lain menguap, mengucek matanya, rewel, menangis dan hiperaktif. Selama beberapa hari, amati jam berapa anak mulai mengantuk dan gunakan ini sebagai patokan untuk menentukan jam tidur siangnya.

Ajari anak tidur sendiri

Ketika Anda melihat tanda-tanda anak mengantuk, segera ajak anak untuk ke tempat tidur dan coba untuk melatihnya tidur sendiri. Hal ini dapat membantu perkembangan kemandirian anak.

Untuk memudahkan anak tidur siang, Anda juga perlu membuat suasana kamar nyaman untuk tidur siang. Singkirkan beberapa bantal, mainan boneka yang dapat mengganggu geraknya saat tidur siang. Jaga suhu dan kebersihan kamar tidur anak Anda agar tidurnya nyenyak.

Source: http://doktersehat.com/anak-susah-tidur-siang-coba-trik-ini/

Baca Artikel ini melalui Gadget Anda, silahkan scan QRCode berikut ini:

Related Search

author
No Response

Leave a reply "Anak Susah Tidur Siang? Coba Trik Ini"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.