Alat Ini Bantu Perbaiki Pola Makan

No comment 23 views

IDNews.co.id – Saya termasuk orang yang yakin bila alur makan itu memastikan kesehatan. Ya bila istilahnya sich, anda merupakan apa yang anda makan. Eh tidak tepat deh, tujuannya kesehatan berasal dari makan yang sehat. Itu tujuannya.

Makan sehat tidak cuma apa yang kita makan, tapi bagaimana cara kita makan. Buat generasi yang sempat merasakan tegangnya ospek tentunya sudah akan punya kebiasaan dengan makan cepat. Pikirkan saja, untuk makan siang, cuma di beri saat 15 hitungan. Yang hitungannya ya suka-suka senior lah. Kadang 15 detik saja, kadang-kadang lama.

Akibatnya

Ya makan cepat pasti dapat merusak saluran pencernaan. Bayangkan begini, saat pada persimpangan terjadi sangat banyak kendaraan, jadi apa yang terjadi? Ya macet!

Sama dengan saluran pencernaan kita, saat makanan masuk sangat cepat dengan dikunyah seadanya, jadi kerja lambung akan jadi tambah berat. Berat karena makanan yang tiba di lambung tidak betul-betul dikunyah. Kerja lambung yang berat, perlu daya yang besar, makanya jangan heran bila habis makan kita mengantuk. karena dayanya habis untuk mengolah makanan.

Bukanlah hanya itu, makanan yang sangat cepat dan banyak diolah di saluran pencernaan menyebabkan penyerapan makanan jadi tidak maksimum karena enzim-enzim lambung tidak bekerja dengan baik. Penyerapan pankreas tidak maksimum. Penyerapan di usus halus juga tidak maksimum. Mengakibatkan, kembung, sembelit atau tambah jadi diare.

Salah satu cara untuk menghindarnya yaitu dengan mengatur alur makan. Masuk mulut seperlunya, kunyah sampai lembut, baru telan. Saya sempat dengan kunyah sampai 32 kali. Saya sempat cobalah langkah tersebut, menjemukan. Mungkin itu penyebabnya mengapa badan saya besar. Dan dapat dibuktikan juga kawan saya yang kurus dengan alur makan lambat, hingga saat ini badannya segitu-segitu saja.

Tapi memang basic perkembangan teknologi, ada saja cara teknologi untuk membenarkan alur makan ini. Salah satunya dengan alat yang diberinama HAPIfork.

Ini merupakan alat makan yang berupa garpu yang memiliki bluetooth. Alat ini lalu dapat tersambung pada aplikasi di smartphone. Dan saat kita menyogok makanan sangat cepat, garpu ini akan berwarna merah. Alat ini mengingatkan bila kita menyogok sangat cepat. Tunggu hingga menyala hijau baru menyogok kembali.

Teknologi bernama HAPIfork ini kelihatannya solusi untuk mengatur alur makan. Tapi tahukah anda yang beragama islam, bila Muhammad SAW sudah memberikan adab untuk kita menjadikan contoh dalam soal makanan.

  • Makan dalam tempat duduk tidak bertumpu.
  • Makan menggunakan tangan dan cuma 3 jari yang ambil makanan. 3 jari itu merupakan jempol, telunjuk dan jari tengah.
  • Sebelum minum air ambillah nafas terlebih dulu. Dan sama dengan makan, dianjutkan juga duduk saat minum.

Dari 3 poin diatas saja sudah dapat diliat pada poin nomor 2 setiap saat suap makanan, senantiasa dalam jumlah kecil. Bukanlah jumlah besar. Artinya saluran cerna akan terima makanan yang masuk dalam jumlah yang sedikit-sedikit. Seperti sudah diingatkan rasul ya?(ndi)

Posting Alat Ini Bantu Perbaiki Pola Makan ditampilkan lebih awal di IDNews.co.id.

Baca Artikel ini melalui Gadget Anda, silahkan scan QRCode berikut ini:

Related Search

author
No Response

Leave a reply "Alat Ini Bantu Perbaiki Pola Makan"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.