90.226 Siswa SMK di Sumut Ikut Ujian Nasional, UNBK Capai 97 Persen

IDNEWS.CO.ID – Sebanyak 965 Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK, dengan jumlah peserta 90.226 jiwa, menjalani Ujian Nasional (UN) tahun ajaran 2018/2019 tingkat Sumatera Utara. Untuk pelaksanaan UN Berbasis Komputer (UNBK) sudah mencapai 97,3 persen di Sumatera Utara.

Hal itu diungkapkan oleh Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah kepada wartawan, usai melakukan peninjauan pelaksaan UN di SMK Negeri 10 Medan di Jalan Cik Ditiro, Medan, Senin pagi (25/3/2019).

“Saya sudah memberikan arahan agar UNBK ini dicermati dengan yang baik. Cara pengisian dan memahami apa mau dijawab,” ujar Musa.

Pria yang kerap disapa dengan Ijeck itu berharap, di tahun 2020 mendatang pelaksanaan UN di Sumut sudah 100 persen berbasis komputer. Kini, masih dalam proses untuk fasilitas keseluruhan.

“Semuanya bertahap untuk UNBK belum 100 persen. Tapi, sudah 97 persen. Kita ke depannya, harapkan 100 persen,” ujar Musa.

Pelaksanaan UN ini, Musa mengungkapkan, tidak ada lagi peran guru, sekolah dan dinas terkait. Namun, keseluruhan terkoneksi ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta. “Mudah-mudahan kelulusan SMK yang berlangsung menjalani UN bisa di atas 97 persen. Kita harapkan 100 persen,” ujar Musa.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sumut Arsyad Lubis mengatakan, SMK yang masih menjalani UNKP sebanyak 25 sekolah, seluruhnya berada di Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara.

“Hanya 25 sekolah lagi, yakni 15 sekolah negeri dan 10 sekolah swasta. Daerahnya banyak di Nias Selatan karena jaringan tidak ada,” kata Aryad.

Arsyad berharap, dengan pelaksanaan UN ini, mampu memberikan hasil ujian dengan maksimal, disertai memperoleh nilai kelulusan yang baik bagi Sumatera Utara di tingkat nasional dalam pelaksanaan UN tahun ini.

“Dari tujuan UN ini adalah pemetaan. Dimana mutu pendidikan ditingkatkan dan dimana sudah baik nanti hasil UN,” kata Arsyad.

Pelaksanaan UN di Sumut diikuti 965 sekolah SMK, terdiri dari UNBK berjumlah 940 sekolah dan UNKP sebanyak 25 sekolah. Siswa mengikuti UNBK sebanyak 89.490 siswa dan UNKP berjumlah 736 siswa dengan total 90.226 siswa. (ndi)

The post 90.226 Siswa SMK di Sumut Ikut Ujian Nasional, UNBK Capai 97 Persen appeared first on IDNews.co.id.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Baca Artikel ini melalui Gadget Anda, silahkan scan QRCode berikut ini:

Related Search

author
No Response

Leave a reply "90.226 Siswa SMK di Sumut Ikut Ujian Nasional, UNBK Capai 97 Persen"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.