5 Penyebab Munculnya Benjolan pada Selangkangan Pria dan Wanita

DokterSehat.Com – Saat memeriksa selangkangan, pria dan wanita kerap menemukan benjolan aneh yang jumlahnya bisa lebih dari satu dan bisa berpindah tempat. Benjolan ini kadang berwarna merah keunguan dan memberikan rasa nyeri saat disentuh atau ditekan dengan lembut. Selanjutnya, benjolan yang muncul ini bisa berukuran besar atau kecil.

doktersehat-wanita-sakit-perut-menstruasi-datang-bulan

Nah, kira-kira benjolan ini apa? Lalu apa yang menyebabkan benjolan ini ada dan apakah berbahaya untuk kesehatan?

1. Kista
Kista adalah sebuah kantung yang di dalamnya terdapat kumpulan jaringan, air, dan zat yang bisa tumbuh dai beberapa bagian kulit lainnya. Kista pada selangkangan bisa disembuhkan, tapi kalau sudah menyebar, bisa sangat membahayakan.

2. Pembengkakan kelenjar getah bening
Pembengkakan kelenjar getah bening atau dalam bahas medis dinamai limfadenopati menyebabkan munculnya benjolan pada selangkangan. Pembengkakan ini biasanya terjadi karena cedera, virus, bakteri, dan munculnya tumor. Selanjutnya getah  bening membengkak juga karena campak, TBC, lupus, dan HIV.

3. Asbes
Asbes adalah benjolan yang muncul karena bakteri Streptococcus pyogenes. Isi dari benjolan yang bisa muncul di selangkangan ini terdiri dari cairan kental, sel darah putih, bakteri, dan jaringan kulit yang sudah mati. Bau dari cairan ini tidak sedap dan mirip sekali dengan nanah. Asbes bisa muncul pada selangkangan karena ada infeksi karena goresan atau luka yang cukup dalam.

4. Hernia
Hernia adalah munculnya organ dalam perut ke bawah karena letaknya tidak tepat. Dinding perut akhir tertekan dan menimbulkan benjolan pada selangkangan dan kadang perut. Hernia pada pria atau wanita biasanya menimbulkan rasa nyeri sehingga membutuhkan operasi untuk mengembalikan organ ke posisi semula.

5. Penyakit menular seksual
Benjolan yang muncul pada selangkangan bisa juga terjadi karena sifilis, gonore, herpes, dan klamidia. Benjolan ini biasanya berupa peradangan yang sakit jika disentuh atau tergesek kain saat mengenakan celana.

Source: http://doktersehat.com/5-penyebab-munculnya-benjolan-pada-selangkangan-pria-dan-wanita/

Baca Artikel ini melalui Gadget Anda, silahkan scan QRCode berikut ini:

Related Search

author
No Response

Leave a reply "5 Penyebab Munculnya Benjolan pada Selangkangan Pria dan Wanita"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.