5 Faktor Penyebab Turunnya Gairah Seks Wanita

DokterSehat.Com– Baik wanita maupun pria pasti memiliki gairah seksual. Namun ada kalanya gairah seksual mereka menurun sehingga enggan melakukan hubungan intim bersama pasangannya. Jika hal ini terjadi hanya sesekali, masih tergolong wajar. Namun jika ini terjadi terus menerus, tentunya akan membahayakan hubungan rumah tangga.

doktersehat-french-kiss-ciuman-air-liur-tularkan-penyakit-seksual-menular

doktersehat-french-kiss-ciuman-air-liur-tularkan-penyakit-seksual-menular

Secara umum terdapat 5 faktor penyebab turunnya libido pada perempuan, yaitu:

1. Kondisi fisik
Beberapa kondisi fisik dapat menyebabkan menurunnya gairah seks pada perempuan seperti adanya rasa sakit saat melakukan hubungan seks. Biasanya para wanita enggan terbuka masalah ini, namun pada akhirnya akan menurunkan hasrat seksual para wanita.

Kondisi fisik yang sedang sakit seperti diabetes, kanker, tekanan darah tinggi juga kadang menyebabkan para wanita untuk enggan melakukan hubungan seks. Jika Anda mengonsumsi obat-obatan yang mengandung antridepresan, obat tersebut juga mengandung zat yang dapat menurunkan libido. Begitu juga dengan penggunaan kontrasepsi seperti pil progesteron, pil gabungan, dan kontrasepsi implan.

2. Gaya hidup
Jika Anda termasuk pecandu minuman alkohol, perokok aktif dan menggunakan narkoba, maka libido Anda bisa menurun. Rokok diketahui dapat menurunkan aliran darah sehingga dapat meredam libido.

3. Perubahan hormon
Perubahan hormon dapat mempengaruhi libido wanita pada dua periode. Pertama saat masa kehamilan dan menyusui, dan kedua pada saat menopause. Selama masa transisi menuju menopause hormon estrogen berkurang sehingga vagina menjadi kering yang membuat hubungan seks tidak nyaman.

4. Kondisi psikologis
Bagi wanita, kondisi psikologis juga ikut memengaruhi tingkat libido mereka. Saat wanita mengalami stres, tidak percaya diri, atau terjerat masalah finansial, kondisi ini juga dapat menurunkan gairah seks mereka. Bagi wanita yang pernah mengalami trauma atas kekerasan fisik atau seksual juga biasanya memiliki gairah seks yang rendah.

5. Masalah komunikasi
Jika Anda baru saja bertengkar dengan pasangan Anda, maka wajar bagi para wanita untuk enggan melakukan hubungan seks. Para wanita menganggap bahwa hubungan seks bukan hanya sekedar hubungan seks belaka, namun perlu ada perasaan tulus di dalamnya. Jika ini yang menjadi masalah Anda, maka sebaiknya bicarakan dulu dengan pasangan Anda sebelum berlarut-larut.

Source: http://doktersehat.com/5-faktor-penyebab-turunnya-gairah-seks-wanita/

__Posted on
January 26, 2018
__Categories
Kesehatan, Peristiwa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.