4 Penyebab Janin Gagal Berkembang di Dalam Rahim

DokterSehat.Com – Janin yang sehat akan berkembang dan membesar di rahim seiring dengan berjalannya waktu. Setelah janin berusia 9 bulan, mereka akan dilahirkan baik secara normal atau dengan operasi sesar.

doktersehat-Plasenta-Previa-hamil

Sayangnya, tidak semua janin bisa berkembang dengan baik di dalam rahim. Ada kalanya janin gagal berkembang dan akhirnya harus gugur sebelum tumbuh dengan matang. Kalau Anda pernah mengalami keguguran, mungkin ini beberapa penyebabnya.

1. Insufiensi Plasenta
Plasenta adalah organ penting di dalam rahim yang akan memberikan suplai nutrisi dari tubuh ibu dan oksigen agar janin berkembang dengan baik. Kalau plasenta mengalami insufiensi dan berkembang tidak sempurna, janin tidak akan bisa berkembang dengan baik dan kemungkinan besar terjadi komplikasi di sana.

Insufiensi plasenta bisa terjadi karena ibu memiliki diabetes, anemia, pernah menggunakan narkoba, dan tidak bisa berhenti merokok.

2. Brighted Ovum
Brighted Ovum adalah kehamilan kosong yang terjadi pada wanita akibat ovum tidak berkembang menjadi embrio dan janin. Kehamilan jenis ini memperbesar tingkat keguguran terutama pada trimester pertama kehamilan.

Wanita yang mengalami kehamilan kosong biasanya mengalami tanda-tanda kehamilan seperti test pack menunjukkan dua strip. Namun, kalau dilihat di USG rahim akan tampak kosong.

3. Kelainan Kromosom
Saat sperma bertemu dengan ovum, pembuahan terjadi dan peleburan kromosom juga berlangsung. Kalau kromosom yang terbentuk pada embrio jumlahnya terlalu sedikit atau terlalu banyak, gangguan bisa saja terjadi. Janin akan sudah berkembang dan kemungkinan terjadi keguguran sangat besar.

4. Faktor lainnya
Faktor lain yang menyebabkan janin susah berkembang dengan baik adalah kebiasaan atau kondisi fisik dari ibu. Kalau ibu mengalami obesitas, janin akan susah berkembang dan akhirnya peluang gugur semakin besar.

Selain itu, ibu yang kerap mengonsumsi kafein lebih dari 200 gram per hari dan alkohol juga bisa menyebabkan janin tidak mau berkembang.

Source: http://doktersehat.com/4-penyebab-janin-gagal-berkembang-di-dalam-rahim/

Baca Artikel ini melalui Gadget Anda, silahkan scan QRCode berikut ini:

Related Search

author
No Response

Leave a reply "4 Penyebab Janin Gagal Berkembang di Dalam Rahim"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.