3 Tanaman Herbal Obat Penyakit Mata Minus

IDNews.co.id – Rabun jauh atau lebih sering dikenal dengan mata minus, ialah sejenis gangguan penyakit yang menyerang organ vital mata. Dimana, mata minus ini akan membuat penderitanya tidak dapat melihat benda/objek dengan baik dari jarak jauh. Penyebabnya berbeda-beda, dapat disebabkan karena banyak melakukan aktifitas di tempat minim cahaya, menonton dengan jarak dekat, memakai komputer dalam waktu lama, membaca pada penerangan yang kurang maupun redup dan berbagai aktivitas lainnya.

3 Tanaman Herbal Obat Penyakit Mata Minus
Gejala Mata Minus :

Mata seperti tertekan saat berusaha untuk fokus melihat objek jauh
Sensitif terhadap cahaya di malam hari
Sakit kepala yang timbul teratur
Pandangan mata kabur saat melihat objek jauh
Sering mengedip dan menggosok mata
Penglihatan akan bertambah buruk saat malam hari, terutama saat berkendara dan terkena cahaya dari kendaraan lain.

Sebenarnya, mata minus masih dapat disembuhkan dengan melakukan perawatan, pengobatan dan usaha lainnya. Nyatanya, mata minus jika terus menerus dibiarkan, mata akan memperburuk dan meningkatkan mata minus tersebut. Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengobati dan merawat mata minus Anda. Salah satunya dengan menggunakan cara alami dengan memanfaatkan tanaman herbal. Tanaman herbal juga telah dipercaya sejak lama oleh para nenek moyang terdahulu secara turun temurun untuk pengobatan.

Tanaman Binahong

Bernama latin Bassela rubla linn dari samili Basellaceae. Binahong atau kerap disebut juga dengan gondola, merupakan jenis tanaman rambat yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Hampir semua bagian dari tanaman ini dapat dijadikan sebagai bahan untuk pengobatan herbal seperti mengatasi gangguan mata minus ini. Caranya seperti di bawah ini :

Siapkan beberapa helai daun binahong yang telah dicuci bersih terlebih dahulu
Setelah itu, haluskan daun binahong hingga benar-benar halus
Jika sudah, kompreskan pada mata Anda selama beberapa menit
Dengan cara memejamkan mata sambil berbaring
Kemudian bilas wajah Anda dengan air mengalir.
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda perlu melakukan cara di atas dengan benar dan dengan teratur.

Buah Tekokak

Bernama latin Solanum torvum sw dari suku terung-terungan. Buah tekokak atau turkey berry merupakan sejenis tanaman yang memiliki buah berukuran kecil seperti buah leunca. Buah dan biji tekokak juga sering kali dipakai masyarakat sebagai sayuran atau bumbu.

Buah tekokak memiliki warna hijau saat masih muda dan akan berubah menjadi kekuningan saat matang. Buah tetokak juga kerap dikenal dengan sebutan buah rimpang atau terong pipit.

Tidak hanya digunakan sebagai bumbu dan sayuran saja, buah tekokak juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk mengobati mata minus. Caranya cukup mudah, Anda cukup mengonsumsi 5 hingga 10 buah tekokak setiap hari secara rutin. Atau Anda juga dapat mengolahnya menjadi jus buah tekokak dan minus sebanyak 1 atau 2 gelas setiap minggunya.

Bunga Kitolod

Bernama latin Isotoma longiflora dari famili Campanulaceae. Kitolod atau kembang jangar merupakan sejenis tanaman semak-semak yang dapat tumbuh liar di mana saja. Tanaman kitolod juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah mata seperti mata minus ini.

Caranya seperti di bawah ini :

Siapkan beberapa tangkai bunga kitolod yang telah dicuci bersih terlebih dahulu
Setelah itu, masukan ke dalam gelas selama beberapa menit
Lalu, ambil 1 tangkai bunga dan teteskan air dari bunga tersebut pada mata Anda
Saat air bunga kitolod menetes, maka mata akan terasa perih sebentar
Lakukan cara ini setidaknya 3 kali dalam sehari.

Itulah sekilas artikel mengenai penyakit mata minus, penyebab dan gejala mata minus. Serta cara mengobati mata minus dengan memanfaatkan beberapa jenis tanaman herbal. Semoga bermaanfaat.(ndi)

Posting 3 Tanaman Herbal Obat Penyakit Mata Minus ditampilkan lebih awal di IDNews.co.id.

__Posted on
January 7, 2018
__Categories
Kesehatan, Peristiwa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.