3 Macam Nikmat yang Diberikan Allah Terhadap Manusia

IDNews.co.id – Seberapa seringkali kita mensyukuri nikmat yang sudah Allah beri pada kita sehari-harinya? Mungkin beberapa orang lupa mensyukuri nikmat yang sudah diberi Allah yang senantiasa mengalir setiap detiknya.

Kebanyakan umat Muslim berasumsi bila nikmat itu cuma berbentuk uang dan barang saja. Saat rejeki yang di terima kecil, banyak yang tidak mensyukurinya seakan-akan berasumsi bila Allah berprilaku tidak adil.

Ingat, nikmat yang didapatkan Allah untuk manusia di dunia ini bukan sekedar bab materi saja, tapi sangat banyak nikmat yang tak terarah oleh uang dan barang. Hanya saja kita tidak menyadarinya atau memang melupakannya, padahal segala nikmat itu yaitu anugrah yang wajib senantiasa disyukuri.

Dilihat dari ukurannya, ada tiga jenis nikmat yang Allah beri pada manusia. Yang pertama nikmat kecil, nikmat besar, dan yang paling baik nilainya yaitu nikmat agung, yaitu iman dan Islam. Tersebut penuturannya lebih detil.

1. Nikmat Kecil

Satu hal yang paling kita idamkan dan paling disayangi di dunia ini, yakni uang, termasuk dalam nikmat kecil. Aneh rasanya bila umat Muslim banyak yang menggadaikan akidahnya dan meninggalkan keharusan melaksanakan ibadah cuma untuk uang, cuma untuk mendapatkan nikmat kecil, dan ikhlas menukarnya dengan kesenangan di Surga nantinya.

2. Nikmat Besar

Apakah angin, air, dan panas bukanlah nikmat besar dari Allah? Pikirkan jika Anda miliki banyak uang, tapi di daerah Anda tidak ada air untuk diminum, apakah Anda dapat nikmati uang yang Anda punyai?

Dengan tidak sadar kita setiap detik dapat bernapas dengan hirup udara yang disebut nikmat dari Allah. Dan semuanya Allah beri dengan gratis dan tidak sempat meskipun Allah kirim malaikat untuk menagih Anda.

Lalu sehat yang Anda punyai, dapat melihat, dapat jalan, dapat merasakan enaknya makan, dapat merasakan enaknya tidur, apakah itu bukanlah termasuk nikmat besar? Pikirkan sekali lagi jika Anda miliki banyak uang dan miliki sebuah mobil mewah, tapi Anda tidak dapat melihat atau tidak dapat jalan, apakah Anda dapat nikmati beberapa barang mewah yang Anda punyai? Jawablah dengan hati Anda.

3. Nikmat Agung

Allah SWT begitu adil, segala manusia baik yang tidak beriman maupun beriman tetap akan dilimpahkan nikmat kecil berbentuk sandang pangan papan dan nikmat besar. Walau demikian ada nikmat yang tambah lebih nikmat sekali lagi dari nikmat kecil dan nikmat besar, yakni nikmat agung, yang tak beda yaitu nikmat iman dan Islam.

Hanya hamba Allah yang sungguh-sungguh beriman dan bertauhid yang dapat mendapatkan nikmat agung ini, tak perduli orang itu miskin atau tidak sehat, jika sungguh-sungguh beriman jadi orang itu dapat mendapatkan nikmat yang tertinggi nilainya di dunia ini dan tambah lebih merasa enaknya di hati.

Tetapi ada nikmat beda yang dapat mengalahkan nikmat agung, yaitu enaknya surga nantinya di akhirat kelak.

Jadi apa alasan Anda tidak bersyukur, Allah senantiasa kirim enaknya pada kita tanpa henti, dan apalagi yang Anda idamkan? (ndi)

Posting 3 Macam Nikmat yang Diberikan Allah Terhadap Manusia ditampilkan lebih awal di IDNews.co.id.

Baca Artikel ini melalui Gadget Anda, silahkan scan QRCode berikut ini:

Related Search

author
No Response

Leave a reply "3 Macam Nikmat yang Diberikan Allah Terhadap Manusia"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.