22 Ribu Vaksin Sinovac Didistribusikan ke Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik








Surabaya HalloJatim.com – Dinas Kesehatan Provinsi Jatim hari ini mendistribusikan Vaksin Sinovac didistribusikan ke 3 kabupaten kota, Rabu (13/1/2021).

Tiga Kabupaten Kota yang mendapat distribusi vaksin pertama adalah Surabaya, Gresik dan Sidoarjo. Hertanto, Sekretaris Dinkes Jatim, mengatakan bahwa hari ini ada 22.000 vaksin yang didistribusikan

“Dari alokasi 33.420 untuk Surabaya yang akan didistribusikan hari ini sebanyak 15.000 vial. Dari alokasi 8.717 untuk Sidoarjo yang didistribusikan hari ini sebanyak 4.000 vial. Dan dari alokasi 5.805 yang didistribusikan sebanyak 3.000vial untuk Gresik,” ujar Hertanto.

Besaran distribusi vaksin ini telah disesuaikan dengan pertimbangan kemampuan cool storage atau tempat penyimpan vaksin, yang dimiliki masing masing kabupaten kota.

“Pertimbangannya adalah kemampuan cool storage nya, Surabaya mampu 15.000, Sidoarjo mampu 4.000 dan Gresik 3.000. Nanti sisanya begitu cool storage nya sudah siap kembali akan ada distribusi lanjutan,” terang Hertanto.

Proses distribusi vaksin ke tiga kabupaten kota hari ini dilakukan dengan keamanan ketat. Dengan formasi sebagai berikut; patwal, mobil barakuda, mobil box pendingin vaksin, mobil Dinkes, mobil dari Biofarma dan ditutup oleh Barakuda.

“Faktor terpenting lainnya adalah keamanan, dari kepolisian akan membackup dari tempat awal sampai ke tempat cool storage sampai tempat vaksinasi. Hari ini ada pengawalan sampai ke tiga kabupaten kota tersebut. Surabaya Sidoarjo dan Gresik,” katanya.

Distrubusi vaksin ini tentunya dengan memperhatikan armada yang digunakan. Dengan menggunakan mobil box indofarma untuk membawa vaksin dengan standar suhu 2-8 derajat.

“Mobil indofarma yang kami gunakan bisa mencapai suhu 3-8 derajat. Ini yang kita jaga agar kualitas vaksinnya tetep terjaga,” pungkasnya.

Dalam gelombang pertama ini distribusi vaksin di Jatim memang masih memprioritaskan Surabaya, Sidoarjo dan Gresik karena ketersediaan cool storage. Sedangkan Hertanto mengatakan bahwa kabupaten kota lain masih menunggu informasi dari kementerian kesehatan. [adg/but]


















Artikel ini telah tayang di beritajatim.com

Baca Artikel ini melalui Gadget Anda, silahkan scan QRCode berikut ini:

Related Search

author
No Response

Leave a reply "22 Ribu Vaksin Sinovac Didistribusikan ke Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.