Panglima: Kapal China Masih Bertahan di Natuna!

IDNEWS.CO.ID – Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I TNI Laksamana Madya TNI Yudo Margono menyebutkan sampai Minggu kapal nelayan China masih bertahan di Laut Natuna, Kepulauan Riau.

Menurut Pangkogabwilhan I, kapal-kapal asing itu bersikeras mengerjakan penangkapan ikan dengan legal yang memiliki jarak lebih kurang 130 mil dari perairan Ranai, Natuna.

“Mereka dibarengi dua kapal penjaga pantai serta satu kapal pengawas perikanan China,” kata Yudo Margono dalam pertemuan wartawan di Pangkalan Udara TNI AL di Tanjungpinang, Kepri, Minggu (5/1/2020).

Yudo menyatakan jika TNI telah mengerjakan gelar operasi dengan turunkan dua faktor KRI buat menyingkirkan kapal asing itu keluar dari Laut Natuna.

“Kami pun santer berkomunikasi dengan aktif dengan kapal penjaga pantai China biar sendirinya selekasnya tinggalkan perairan itu,” ujarnya menyatakan.

Operasi ini, ujarnya, tidak mempunyai batasan waktu sampai kapal China serius angkat kaki dari lokasi maritim Indonesia.

“Konsentrasi kami saat ini adalah meningkatkan kapabilitas TNI disana. Esok bakal kami gerakkan empat faktor KRI untuk menyingkirkan kapal-kapal itu,” ujarnya.

Sampai waktu ini, ujarnya, aksi yang dijalankan TNI masih berwujud persuasif dengan memperingati kapal China jika mereka telah menerobos sekaligus juga tangkap ikan dengan ilegal di Laut Natuna.

“TNI mengutamakan usaha damai dalam mengatasi kesulitan ini,” ujarnya memberikan tambahan.

Pangkogabwilhan I ikut memberikan berdasar pada tinjauan TNI pada waktu ini yang terdeteksi masuk Laut Natuna cuma kapal nelayan China.

Kapal nelayan dari negara lain, seperti Vietnam, tidak berani masuk ke zone itu.

“Kapala nelayan Vietnam banyak kami tangkap, jadi mereka tidak berani ,” kata Yudo. (ach)

The post Panglima: Kapal China Masih Bertahan di Natuna! appeared first on IDNews.co.id.

Baca Juga :  Tak Hanya Bibir, Wanita Ternyata Paling Senang Dicium di Bagian Tubuh Ini

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: