Mahfud MD Tegaskan Tak Ada Negosiasi dengan China Soal Natuna

IDNEWS.CO.ID – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, serta Keamanan Mahfud MD menyatakan, langkah Pemerintah RI udah jelas menampik negosiasi dengan China atas pelanggaran yang dikerjakan sebab masuk lokasi perairan Indonesia di Natuna.

“Penyusupan kapal ikan China yang dikawal oleh kapal sah Pemerintah China di Natuna, prinsipnya ini, Indonesia akan tidak mengerjakan negosiasi dengan China,” kata Mahfud di Malang, Minggu (5/1/2020).

Mahfud mengemukakan, apabila Indonesia mengerjakan negosiasi, bermakna Indonesia memandang ada perseteruan atas lokasi perairan di Natuna. Sesaat lokasi Natuna udah jelas masuk dalam lokasi kedaulatan Indonesia berdasar United Nations Convention On Law of The Sea (UNCLOS) mulai sejak tahun 1982.

“Nah, perairan ini tak ada perseteruan, seutuhnya punya Indonesia berdasar konvensi Internasional tahun 1982,” tutur Mahfud.

Mahfud mengatakan, ketentuan UNCLOS pada tahun 1982 yang menjelaskan kalau Natuna adalah Zone Ekonomi Mewah (ZEE) Indonesia udah final. Hukum laut Internasional itu dibikin oleh Perserikatan Bangsa Bangsa, hingga China mesti menghargai ketentuan itu.

Mahfud mengungkap, Indonesia berlainan dengan beberapa negara Asia Tenggara yang lain yang miliki perseteruan pinggiran dengan China. Indonesia tidak sempat miliki perseteruan dengan China. Hingga negosiasi dikira tidak usah, sebab malahan memberikan keuntungan China.

“China memang miliki perseteruan pinggiran dengan negara lain, dengan Vietnam, Malaysia, Brunei, Thailand, serta Filipina, itu perseteruan dengan China. Indonesia tidak sempat. Perseteruan dengan China juga, beberapa negara lain udah ditetapkan pada bulan Juli tahun 2016. Atau 2,5 tahun kemarin kalau China tak miliki hak untuk mengklaim beberapa daerah itu,” papar Mahfud. (ach)

The post Mahfud MD Tegaskan Tak Ada Negosiasi dengan China Soal Natuna appeared first on IDNews.co.id.

Baca Juga :  Sandi Akui Jarang Bertemu Keluarga saat Kampanye

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: