KPK Tunggu BPK Serahkan Hitung Kerugian Negara soal Kasus RJ Lino

IDNEWS.CO.ID – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyambut baik langkah Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang sudah menuntaskan penghitungan kerugian keuangan negara terkait masalah dugaan korupsi proyek penyediaan tiga unit Quay Container Crane (QCC) di PT Pelindo II.

KPK saat ini mengharap BPK menyerahkan laporan hasil penghitungan kerugian negara dari masalah yang menangkap mantan Dirut PT Pelindo II, Richard Joost Lino itu. “Kami nantikan tentu penghitungan kerugian negara dan kami sangatlah menghargai jika memang benar kelak sudah usai,” kata Pelaksana Pekerjaan Juru Bicara KPK, Ali Fikri, terhadap awak media, Sabtu (4/1/2020).

BPK sebelumnya menyatakan telah menuntaskan audit penghitungan kerugian keuangan negara terkait masalah dugaan korupsi proyek penyediaan tiga unit QCC di PT Pelindo II. Sekarang ini BPK sedang membuat laporan hasil kontrol (LHP) audit penghitungan kerugian keuangan negara terkait masalah Pelindo II.

BPK memperhitungkan LHP itu akan selesai setidaknya dalam kurun waktu dua minggu untuk diberikan terhadap KPK.

Penghitungan kerugian keuangan negara ini berubah menjadi satu diantaranya rintangan KPK dalam merampungkan masalah ini. Ali Fikri menerangkan, setelah terima LHP BPK bab penghitungan kerugian negara, penyidik akan bergegas merampungkan masalah yang sudah berjalan sejak akhir 2015 lalu itu. Diantaranya dengan periksa para ahli.

“Teman-teman penyidik tentu akan menambahkan pendidikan itu. Pemberkasan dan setelah itu kelak lengkapi berkas-berkas kelengkapan. Apa setelah itu tentang ahli atau setelah itu yang lain-lain dan dapat dilakukan apa berkas babak 1 ke Jaksa periset hingga kelak kekurangannya apa dimana secara formal materiilnya. Hingga masalah ini akan bertambah cepat dituntaskan,” papar Ali.

Pimpinan KPK sebelumnya mengungkap penghitungan kerugian keuangan negara masalah ini terhalang karena otoritas Tiongkok tidak memberikan akses terhadap KPK untuk mendapatkan data dan informasi berkaitan QCC yang diproduksi perusahaan Wuxi Huangdong Heavy Machinery (HDHM) yang bekerja di Negeri Gordin Bambu itu. Meskipun sebenarnya, Pelindo II beli tiga unit QCC dari HDHM.

Baca Juga :  AS Desak China dan Rusia Turun Tangan Hadapi Korea Utara

Meskipun tanpa data dan informasi dari HDHM, Ali Fikri yakini Jaksa KPK bisa membuktikan tindak pidana yang diduga dilakukan RJ Lino. Ali sesumbar, penghitungan kerugian negara dari BPK dan keterangan ahli sudah cukup untuk faksinya untuk membuktikan adanya kerugian negara dari masalah korupsi itu.

“Di pembuktian adanya kerugian negara kita kan acuannya ahli dan BPK ya. Jika tadi informasinya jika BPK sudah merampungkan tentu BPK sudah bisa hitung berapakah beberapa komponen yang ada tanpa setelah itu mesti melihat dari bagian itu (HDHM). Jadi kita nantikan mudah-mudahan apa yang disampaikan itu benar, dua minggu ke depan sudah ada penghitungan kerugian negara. Kami sangatlah menghargai yah,” papar Ali.?

Masalah ini telah diatasi KPK sejak akhir 2015 lalu, akan tetapi sampai sekarang proses penyidikannya belum pula selesai. Serta, KPK belum membendung RJ Lino yang terakhir kali diperiksa pada 5 Februari 2016 lalu. Ali meyakinkan klub penyidik akan membendung RJ Lino, akan tetapi Ali belum bisa meyakinkan kapan usaha paksa itu akan dilakukan.

“Seperti di masalah yang lain ya, di KPK ini hampir tidak ada yang setelah itu perkaranya tidak dilakukan usaha paksa ya, namun jika setelah itu kelak, untuk masalah ini kan kami mesti yakinkan seperti sejauh berapa penyidik akan agendakan itu. Sesaat ini kami belum dapat berikan,” lanjut ia. ?

Dalam masalah ini, KPK menyangka Lino telah menantang hukum dan menyalahgunakan wewenangnya sebagai Dirut PT Pelindo II untuk memperkaya diri kita, orang lain dan atau korporasi dengan memerintah pemilihan langsung perusahaan asal Tiongkok, HDHM sebagai pelaksana proyek penyediaan tiga unit QCC di PT Pelindo II. ? (fat)

Baca Juga :  Saepulloh Tak Terintimidasi Kehadiran Fabiano Beltrame

The post KPK Tunggu BPK Serahkan Hitung Kerugian Negara soal Kasus RJ Lino appeared first on IDNews.co.id.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: