Bupati Blitar : BLT Jangan Dibelikan Baju Lebaran

Blitar – Pemerintah Kabupaten Blitar sedang ngebut menyelesaikan penyaluran Bantuan Langsung Tunai BLT dengan sumber Dana Desa ( BLT-DD) di 220 desa, agar bisa tuntas diselesaikan sebelum Lebaran 24 Mei 2020.

Salah satu upaya pemerintah menanggulangi dampak wabah Virus Corona (Covid-19) yaitu BLT-DD, dimana pemerintah desa boleh menggunakan maksimal 30 persen alokasi Dana Desa untuk bantuan terhadap warganya.

“Saya minta ada kerjasama antara perangkat desa dan warga, dalam pendataan penerima BLT-DD sehingga bantuan bisa tepat sasaran,” tutur Bupati Blitar Rijanto usai menyerahkan secara simbolis BLT-DD di Kecamatan Bakung, Selasa (19/5/2020).

Dijelaskan orang nomor satu di Kabupaten Blitar ini berdasarkan petunjuk teknis dari pusat, penyaluran BLT-DD diharapkan rampung sebelum lebaran. “Sehingga warga bisa memanfaatkan bantuan sebesar Rp 600.000 per bulan selama 3 bulan tersebut (April-Mei-Juni), dengan baik dan benar untuk penambahan gizi maupun mencukupi kebutuhan nutrisi di tengah wabah Covid-19,” jelasnya.

Bahkan secara tegas Bupati Rijanto minta dihadapan perangkat desa dan perwakilan penerima bantuan, agar BLT-DD tersebut tidak dipergunakan untuk mencukupi kebutuhan lebaran. “Jadi jangan digunakan membeli kebutuhan Lebaran seperti baju baru atau pernak-pernik lainnya, karena sudah menjadi tradisi setiap Lebaran,” tegasnya.

Karena sesuai peruntukkan dan petunjuk pemerintah, diungkapkan Bupati Rijanto penerima BLT-DD dipergunakan untuk penambahan gizi seperti beli beras, daging, sayur, buah atau vitamin untuk menjaga imunitas tubuh pada musim pandemi Corona terangnya.

Saat ini dari total 220 desa se Kabupaten Blitar, sampai Selasa (19/5/2020) penyaluran BLT-DD sudah mencapai sekitar 170 desa. Ditambahkan Bupati Rijanto pihaknya optimistis, dengan semangat dan kerja keras pernagkat desa dna dukungan masyarakat, sesuai arahan presiden dan gubernur penyaluran BLT-DD dapat diselesaikan sebelum Lebaran “Bahkan untuk penyandang disabilitas atau cacat, BLT-DD diantarkan ke rumah oleh perangkat desa,” pungkasnya. (ais)

Baca Juga :  Lowongan Surabaya Jurnalis/ Wartawan/Penulis 1001Media

Sumber: lenteratoday.com

author
No Response

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.