BNPB Sebut Banjir Jakarta Sudah Layak Berstatus Tanggap Darurat

IDNEWS.CO.ID – Kepala Pusat Pengendalian Operasi Badan Nasional Pelanggulangan Musibah (BNPB) Bambang Surya Putra mengatakan musibah banjir yang terjadi di wilayah DKI Jakarta sudah wajar masuk category paham genting.

Status itu baru dapat dilakukan atas ketentuan Gubernur DKI. Tetapi, sampai saat ini, belum ditetapkan demikian.

“Dari segi kami, sebenarnya bila ada itu benar-benar baik,” kata Bambang, usai diskusi di Bidara Cina Jakarta Timur, Sabtu (4/1/2020).

Waktu ini, tips buat BNPB dalam menunjang perlakuan banjir Jakarta ialah Aturan Presiden Nomor 17 Tahun 2018 tentang Situasi Spesifik.

Dalam peraturan itu, penduduk jadi prioritas utama yang dilakukan pengamanan. Sesaat untuk kebutuhannya, pun terbatas dirapikan di Perpres Nomor 17 itu.

Tetapi sebenarnya, lebih baik menurutnya bila Gubernur DKI memastikan status paham genting. Dengan demikian, kapabilitas penuh dapat dikerahkan.

“Bila umpamanya tidak memastikan kondisi genting, club-club partner dan lain lain semua yang turun di lapangan itu terbatas sumber dayanya. Bisanya sesuai kapabilitas saja,” katanya.

Sesaat jika memang ada status genting, karena itu semua sumber daya dapat digerakkan secara privat.

“Jadi memang sudah mesti menggerakkan sumber daya yang mengagumkan untuk perlakuan kedaruratan itu. Istimewa begitu lah,” kata Bambang.

Untuk memastikan status genting di Jakarta, menurutnya sudah banyak indikatornya. Dapat disaksikan bagaimana jumlah pengungsi yang ada.

“Resiko yang mengagumkan, ada korban apalagi. Cukup lah. Realitanya pengungsian dimana-mana,” lanjut Bambang. (fat)

The post BNPB Sebut Banjir Jakarta Sudah Layak Berstatus Tanggap Darurat appeared first on IDNews.co.id.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Baca Juga :  Polsek Prambon Polres Sidoarjo Melaksanakan Patroli Diwilayah Perusahaan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: